Hubungan Perilaku Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Panti

Authors

  • MARLINA ANDRIANI UNIVERSITAS MOHAMMAD ANTSIR BUKITTINGGI SUMBAR
  • Sri Hayulita Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi
  • Fathan Casakdwi Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi

Keywords:

Perilaku caring perawat, Kepuasan Pasien

Abstract

Perilaku Caring perawat sangat penting dalam memenuhi kepuasan pasien, hal ini menjadi salah satu indikator kualitas pelayanan di sebuah rumah sakit. Hal ini merupakan sentral praktik keperawatan, dimana perawat bekerja untuk lebih meningkatkan rasa kepeduliannya terhadap pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan perilaku caring perawat  terhadap kepuasaan dan pelayanan yang dirasakan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Panti. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi karena peneliti ingin mengetahui sejauh mana hubungan perilaku caring perawat terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Panti. Hasil penelitian yang didapat diketahui distsi perilaku caring perawat  sebagian besar 77,6%  dengan kriteria baik. Distribusi frekuensi kepuasan pasien  sebagian besar 74,6% pasien menyatakan puas dan sisanya menyatakan tidak puas.dapat diketahui bahwa dari sebagian besar pasien (94%)  menyatakan perilaku caring perawat baik serta puas dengan perilaku caring perawat. Sementara itu dari 14 pasien (93,5%) menyatakan tidak puas dengan perilaku caring perawat  yang kurang. Hasil uji statistic Rank Spearman Test di peroleh hasil P value = 0,000 sehingga P ≤ 0,05 dengan demikian menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Panti. Disarankan bagi instansi Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Panti untuk meningkatkan perilaku caring perawat dengan mengadakan pelatihan atau seminar tentang perilaku caring perawat sehingga perawat dapat menerapkan perilaku caring terhadap pasien dengan lebih baik kedepannya.

References

Afrilianti, Ade Nur. 2016. “Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Inap Berdasarkan Metode Servqual Di RSUD Cilegon Tahun 2014.” Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan.

Afrini, Suwirna. 2019. “Gambaran Perilaku Caring Perawat Di Ruang Rawat Iinap RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019.” Skripsi 1–53.

Anis Agustina , Supriadi, Arsyawina. 2017. “Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Di RSUD A. W. SJAHRANIE Samarinda Anis.” 4(1):72–76.

Ariani, Tutu April, and Nur Aini. 2018. “Nurse Caring Behavior and Satisfaction of Inpatient Patients on Nursing Services.” Jurnal Keperawatan 9(1):58–64.

Cholifah, Noor, Rusnoto Rusnoto, and Kiki Afonita. 2019. “Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Wanita Usia Subur Dengan Kejadian Fibroadenoma Mammae (Fam) Di Klinik Dr. Handy Ss, Sp. B Kudus.” Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan 10(2):338. doi: 10.26751/jikk.v10i2.736.

Dewi, Yulianti Kurnia. 2017. “Gambaran Perilaku Caring Perawat Di Ruang Paviliun Dan Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember.” Digital Repository Universitas Jember 1–98.

Iwan Setyo Lesmana. 2021. “Hubungan Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien.”

Kusnanto. 2019. “Perilaku Caring Perawat Profesional.” in Pusat Penerbitan dan Percetakan Universitas airlangga (AUP). Surabaya).

Mailani, F., & Fitri, N. (2017). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Di Ruang Rawat Inap Rsud Dr. Rasidin Padang.

Memenuhi, U., Persyaratan, S., Derajat, M., Keperawatan, S., Kep, ( S, Program, P., … Malang, U. M. (2021). Hubungan Perilaku Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Perawatan Rawat Inaprsu. Universitas. Retrieved from

Nursalam. 2015a. Manajemen Keperawatan Edisi 5.

Nursalam. 2015b. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Pendekatan Praktis, Edisi 4. 4 (empat). edited by A. Suslia. Jln.Raya Lenteng Agung No.101, Jagakarsa, Jakarta Selatan: Salemba Medika.

Nur Afrilianti, Ade. 2016. “ Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Inap Berdasarkan Metode Servqual di RSUD Cilegon Tahun 2014”.

Rangki, L. 2021. “Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Klien Di Ruang Rawatinap Bedah Dan Penyakit Dalamrsud Kota Kendari.” Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT) 1(1):40–46.

Septia Mega, Angel. 2021. “ Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Kabupaten Sijunjung Tahun 2021”.

Sumarauw, Rocky Marchellino, Diah Fitri Purwaningsih, and Andi Nur Indah Sari. 2021. “Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Cendrawasi Dan Rajawali Rumah Sakit Umum Anutapura Palu.” Journal.Stik-Ij.Ac.Id ISSN 2716-2699 2:25–31.

Suweko, Hadi, and Bambang Edi Warsito. 2019. “Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasa.” Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan 10(1):243–47.

Utami, Viki. 2019. “Hubungan Caring Perawat Denghan Tingkat Kepuasan Pasien" Jurnal Publikasi.

Vinet, Luc, and Alexei Zhedanov. 2011. “A ‘missing’ Family of Classical Orthogonal Polynomials.” Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical 44(8):1–9. doi: 10.1088/1751-8113/44/8/085201.

Yudhistira, R. (2018). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Tk. Iv Kota Madiun (Doctoral Dissertation, Stikes Bhakti Husada Mulia).

Yunita, Sukma, and Panri Hariadi. 2019. “Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Permata Bunda Medan Tahun 2019.” Indonesian Trust Health Journal 2(1):162–69. doi: 10.37104/ithj.v2i1.28.

Downloads

Published

2025-01-20

How to Cite

MARLINA ANDRIANI, Sri Hayulita, & Fathan Casakdwi. (2025). Hubungan Perilaku Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Panti . Journal of Midwifery and Healthcare Sciences, 1(3), 34–41. Retrieved from http://journal.umnyarsi.ac.id/index.php/JMHS/article/view/266